Minggu, 18 September 2011

9 Bandit Yang Menjadi Pahlawan Rakyat

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Tak selamanya hitam akan selalu hitam dan sebaliknya putih sekalipun bisa berubah hitam. Berikut ini adalah sekilas kisah 9 Orang pahlawan rakyat yang berasal dari dunia hitam :


1.Phoolan Devi: Membunuh 22 Laki-laki untuk membalas dendam perkosaan terhadap dirinya

Phoolan Devi: Membunuh 22 orang laki-laki sebagai balas dendam atasperkosaan brutal yang dilakukan komplotan gank Thakur selama dua minggusehingga membuat kondisinya mengenaskan dan berkali-kali pingsan saatdiperkosa. Kekejaman kelompok ini membuat luka batin mendalam pada jiwaPhoolan Devi. Ketika ia berhasil lolos dari sekapan gank sadis ini, diapun berubah menjadi wanita bengis dan melakukan aneka kejahatan.

Tapi wanita ini sungguh licin seperti belut, semua upaya itu takberhasil. Akhirnya Phoolan Devi sendiri datang menyerahkan diri padatahun 1983. Saat itu kesehatannya sudah memburuk, dan banyak anggotakomplotannya telah tewas. Phoolan Devi dipenjara selama 11 tahun. Keluardari penjara, popularitas Phoolan Devi justru terus menanjak, diamerupakan symbol perlawanan rakyat jelata terhadap ketidak adilan hidup.Ia pun terpilih menjadi anggota parlemen India.

Sher Singh Rana mengakui pembunuhan,mengatakan dia menuntut bela atas kematian 22 Kshatriyas di Behmai.

2.Pancho Villa
: Bandit yang menjadi pemimpin perlawanan rakyat

Pancho Villa hidup di Meksiko 1878 – 1923. Sejarah mencatat Pancho Villaadalah seorang penyamun, pembunuh juga tokoh revolusioner yang membawaperubahan dalam kehidupan rakyat Meksiko. Dia pembela kaum tertindasyang hidup miskin, dia juga memprakarsai perbaikan dalam kehidupanagraris. Meskipun dia memiliki deretan catatan criminal, namunmasyarakat mengingatnya sebagai seorang pahlawan rakyat.

Tindakannya bak Robin Hood, di mana ia merampok para orang kaya dankruptor-koruptor, kemudian hasilnya justru dia bagi-bagikan kepadamasyarakat yg hidup dalam miskin. Itu sebabnya rakyat mencintainya,bahkan bersedia membantu juga menyembunyikannya saat dia dikejar-kejarpihak berwenang. Keterkenalannya, juga kelihaiannya ini menarik minatkelompok orang yg tengah merancang revolusi.

3.Lampião: Brazil’s greatest bandit, who would dig his enemies eyeballs out

Lampião, adalah penyamun Brasil yang paling sadis terhadap musuhnya. Diadikenal sebagai bandit yang tak segan-segan melakukan perbuatan sadispada korbannya. Termasuk mencungkil bola mata musuhnya hingga keluar.Lampião adalah nama popular bagi “Kapten” Virgulino Ferreira da Silva,pemimpin gerombolan Cangaço yang paling terkenal. Dia dan gerombolannyadicap sebagai perusuh dan merupakan buronan yang paling dicari seanteronegeri. Kelompok ini melakukan terror terhadap penguasa dan musuhmusuhnya sekitar 1920-an sampai 1930-an. Virgulino dilahirkan pada 1897di negara bagian Timurlaut Pernambuco, salah satu daerah paling miskindi Brasil.

4. Billy the Kid: believed to have killed one man for each year of his life

Henry McCarty (1859 – 1881), lebih dikenal sebagai Billy the Kid, tetapijuga dikenal sebagai Henry dan Antrim William H. Bonney. Menurutlegenda, dia membunuh 21 orang, satu untuk setiap tahun hidupnya, tetapikemungkinan besar ia membunuh hanya setengah dari jumlah tersebut.Sejarah mencatat bahwa dalam jangka waktu hanya 4 tahun, setidaknya iatelah menembakkan senjatanya 16 kali dan membunuh 9 orang di antaranya.

5. Salvatore Giuliano: the Sicilian Robin Hood

Salvatore Giuliano (1922 – 1950) sering dibandingkan dengan legendaRobin Hood. Salvatore Giuliano adalah seorang petani Sisilia, ia menjaditerkenal karena tindakannya merampok orang kaya dan membagikannya padawarga miskin. Di mata penguasa, Salvatore adalah seorang bandit yg harusdibasmi, tapi di mata rakyat dia adalah seorang yang penuh belas kasih.Ia menjadi salah satu legenda yang tetap dikenang semua orang Sisilia.Salvatore juga terlibat dalam gerakan kemerdekaan Sisilia. Dia aktifmemperjuangkan kemerdekaan pulau itu dari pemerintahan Italia.

Aksi-aksinya menjadi perhatian media di seluruh. Ketampanannya juga yangmembuat tampang dan wajahnya kerap menghiasi media massa, termasukmajalah Time. Ia dilahirkan pada tanggal 16 November 1922 di bagianbarat Sisilia, yakni daerah pegunungan desa Montelepre . Dia merupakangenerasi terakhir dari kelompok bandit Sicily, namun tidak adahubungannya dengan kelompok mafiosso. Mereka berkembang dan uniknya,meski kerap berbuat criminal, namun rakyat miskin mencintai mereka.

Karena gerombolan bandit ini tidak menjarah dan menyakiti kaum miskin,sebaliknya mereka justru membantu kaum papa. Tak jarang kelompok inimembagi-bagikan hasil jarahannya kepada kaum miskin. Karenanya kenanganakan kemuliaan hati kelompok bandit gunung ini tetap hidup hingga kini.Kisah-kisah mulia terus berkembang dari generasi ke generasi. Bahkanhingga hari ini. Kalau suatu ketika anda berkesempatan berkunjung kedesa-desa di kawasan ini, maka tak perlu heran, kalau menemukan kaumtua-tua desa masih suka memuju-muji mereka. Meski berasal dari kaummiskin, Salvatore giat belajar.

Di usia muda dia harus memikul beban sangat berat , menjadi tulangpunggung keluarga. Salvatore memang tidak berumur panjang, Ia tewas usia28 tahun. Namun kenangan akan perbuatan baiknya tetap hidup di hatirakyat. Dia sempat terjun ke dunia politik. Sikapnya jelas dan tegas,dia anti komunis, anti-mafioso, dia juga salah satu pemimpin pemberontakdi Sicilia. Sikapnya yg kerap dan anti Mafioso ini justru menghantarnyapada maut. Ia dibunuh pada 5 Juli 1950 oleh sepupunya sendiri yangtelah dibayar oleh Don, pemimpin mafia dari Palermo.

6. Ishikawa Goemon
: the Japanese bandit who was boiled alive

Goemon, yang adalah nama lengkap Ishikawa Goemon (1558-1594). Iapahlawan bagi rakyat miskin, mencuri emas dan barang-barang berharga danmembagikannya pada orang miskin. Salah satu kisahnya yang palingmenghebohkan adalah ketika ia berupaya membunuh Toyotomi Hideyoshi,penguasa juga orang kaya pada masa itu.

7. Dick Turpin: the English highwayman who gave a 30 min speech before his execution

Petualang asal Inggris ini bernama Richard Turpin (1705 – 1739). Turpinterlibat dalam poaching, pencurian, pencurian sapi, kuda, perampokan danpembunuhan besar di York. Setelah kematiannya, sebagai “Dick” Turpin,ia legenda, gagah dan romanticized sebagai pahlawan di Inggris. Kisahhidupnya diangkat dalam cerita-cerita yang dipentaskan di panggungteater,dan popular pada abad ke-19 dan 18. Lalu pada abad ke 20, kisahhidupnya di angkat ke layar perak.

8. Ned Kelly: the Australian outlaw who killed policemen

Edward “Ned” Kelly (1854 – 1880) adalah seorang Australia, dikenalsebagai pahlawan rakyat dan penentang penguasa kolonial. Tapi nasibtragis diterimanya, ia tewas digantung pada 1880. Kisah hidupnya menjadicatatan sejarah kelam Australia.

9. Belle Starr: the outlaw queen who would use her womanly charms to release gang members

Belle Starr adalah bandit perempuan yang akan melakukan apapun demikeuntungan. Ratu bandit ini dilahirkan di Myra Belle Shirley Missouri 8Februari 1848.
Maka jadilah mereka pasangan bandit yang membentuk gank dan kerapmelakukan pencurian di mana mana. Perancang strategi dari kegiatancriminal tersebut adalah Belle Starr. Ia dan ganknya selalu berhasillolos dari hukuman karena keberhasilannya menyuap petugas. Ia jugaberhasil memanfaatkan kewanitaannya untuk menggoda para penegak hukum.


Sumber : Frenz Capri
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar: