Senin, 26 September 2011

Resep: Salmon Gulung Masak Jamur

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




salmon gulung masak jamurMasyarakat Indonesia belum mengenal banyak ikan salmon. Namun, bagi masyarakat Amerika Serikat dan sebagian Eropa, ikan salmon sudah menjadi kebutuhan utama makanan mereka. Di kalangan juru masak, salmon, boleh dibilang adalah ikan paling favorit untuk dipilih. Paduan warna dagingnya sangat menarik, merah muda dan oranye, benar-benar menggugah selera.


Cara memilih salmon

Ikan salmon segar harus memiliki badan yang utuh dan harus dilihat sisik, apakah masih mengilat. Salmon yang masih segar juga harus dilihat dari kedua mata ikan, yang harus terlihat jernih dengan kedua bola mata yang bening. Periksa pula bagian insang. Ikan yang segar memiliki warna insang merah segar.
salmon


Anda jangan terkecoh memilih ikan yang lembek. Daging ikan segar justru kaku dan elastis. Jika ditekan dengan ujung jari, cepat kembali ke bentuk semula. Lihat pula bagian dalam perut untuk memastikan ikan yang Anda pilih benar-benar segar.

Setelah Anda benar-benar mendapatkan ikan salmon yang segar, maka mulailah membersihkan ikan itu. Tempatkan papan irisan atau talenan lebar yang bersih dan dapat menampung seluruh tubuh ikan itu.
Taruh ikan salmon di atas papan irisan atau talenan itu. Potong bagian perut dari bagian bawah ikan hingga kepala. Hati-hati, jangan sampai isi perut ikan ikut terpotong pisau.

Angkat daging yang sudah terpotong lalu gunakanlah sendok, untuk mengambil bagian ginjal ikan yang pahit. Jika membersihkan ikan betina, maka Anda akan menemukan telur di dalamnya. Pindahkan telur ikan itu secara hati-hati dan tempatkan di atas es.
Jangan lupa, untuk memotong dan membuang bagian sirip ikan. Anda juga dapat membuang bagian kepala jika tidak memerlukannya.

Cara terbaik untuk membersihkan ikan salmon itu, hanya dengan menggunakan air yang mengalir. Bila ikan itu sudah dibersihkan maka Anda harus mengeringkan ikan itu, sebelum Anda memotong-potongnya. Jika Anda berniat menyimpan untuk jangka waktu cukup lama, maka setelah dikeringkan, Anda haru membungkus ikan itu di dalam plastik atau wadah kedap udara. Setelah terbungkus rapi, baru Anda masukkan ikan itu ke freezer. (sumber: mediaindo)


Bahan:
  • 100 gr jamur merang, potong-potong
  • Salmon roll
  • 4 bh bawang merah, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris-iris
  • 5 bh cabai merah, buang bijinya, potong korek api
  • 1 btg serai, memarkan
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 sdm kecap ikan
  • 50 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

salmon jamurCara membuat:
Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai dan daun jeruk hingga layu dan harum.
Masukkan jamur merang dan salmon roll, aduk rata.
Tambahkan air, kecap ikan, garam dan merica bubuk, aduk rata, masak hingga matang, angkat.

Untuk 5 orang


Sumber : http://www.ligamakan.com Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Postingan yang sangat baik sehingga mudah dipahami, resepnya sangat kreatif dan sangat cocok terutama bagi mereka yang masih belum pernah mencobanya. dengan konsep menu dari resep yang sederhana sangat mungkin untuk dilakukan oleh mereka. semoga banyak yang berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus