Minggu, 09 Oktober 2011

Rendang, Hidangan Terlezat di Dunia + daftar makanan terlezat didunia

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Cita rasa rendang yang kaya membuatnya disukai siapa saja.

    KOMPAS.com — Nasi goreng selalu disebut-sebut sebagai makanan khas Indonesia yang paling populer di dunia. Tetapi, siapa sangka, nasi goreng ternyata masih kalah populer dari hidangan khas Indonesia lainnya, yaitu rendang. Makanan khas Sumatera Barat ini bahkan menempati peringkat pertama dari 50 makanan yang dinilai paling lezat di dunia.
    Fakta ini diperoleh setelah situs CNNGo.com merilis daftar 50 makanan terlezat di dunia (World's 50 Most Delicious Foods) pada Juli lalu, dan meminta pembaca untuk memberikanvoting di Facebook. Hasil dari pemungutan suara tersebut menghasilkan 10 makanan terlezat di dunia, yang urutannya adalah sebagai berikut:

    1. Rendang, Indonesia 
    Makanan ini menggunakan bahan dasar santan dan daging sapi, yang direbus perlahan dengan campuran bumbu serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Rendang biasa ditemukan di rumah makan Minang dan sering kali disajikan dalam acara-acara seremonial.

    2. Nasi goreng, Indonesia 
    Dari mana sebenarnya asal nasi goreng? Indonesia, China, atau Thailand? Entahlah, yang pasti nasi goreng Indonesia-lah yang menempati urutan kedua pada daftar ini. Sedangkan nasi goreng Thailand ada di urutan ke-24. Pada dasarnya, nasi goreng terdiri atas nasi, telur, dan suwiran ayam goreng. Makanan ini sangat mudah diolah, tidak heran bila di Indonesia ada beragam jenis hidangan nasi goreng.

    3. Sushi, Jepang
    Bagaimana Jepang mengolah ikan dan nasi menjadi begitu lezat, itulah yang membuat sushi menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat dunia. Ikan mentah tak kehilangan kesegarannya, dan ketika dikombinasikan dengan sayuran seperti mentimun, rasanya memang menyatu sempurna di lidah. Tak hanya lezat, sushi juga kerap dirangkai dengan begitu artistik sehingga mudah menggugah selera siapa saja.
    4. Tom yam goong, Thailand 
    Sup yang segar ini menggunakan bahan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Rasanya yang asam, asin, pedas, dan manis memang membuatnya disukai banyak orang. Udang memang merupakan bahan yang paling sering digunakan, tetapi ada juga tom yam yang memakai ayam, ikan, dan campuran makanan laut lainnya.

    5. Pad thai, Thailand 
    Anda yang kurang begitu menggemari makanan Thailand pun pasti akan menyukai hidangan yang satu ini. Mirip dengan Bulgogi, makanan Korea yang menempati urutan ke-23, pad thai merupakan hidangan kaya nutrisi yang disatukan menjadi satu sajian mi goreng yang mewah. Rahasianya ada pada sausnya, yang merupakan adonan asam jawa.
    6. Som tam, Thailand 
    Som tam adalah salad Thailand yang menggunakan bahan utama pepaya. Untuk membuat salad ini, Anda perlu menyiapkan bahan lain seperti bawang putih dan cabai yang ditumbuk dengan lumpang dan ulekan. Kemudian air asam jawa, saus ikan, kacang, udang kering, tomat, air jeruk, adonan tebu, kacang buncis, dan segenggam parutan pepaya hijau.

    7. Dim sum, Hongkong 
    Kunjungan ke Hongkong tak akan lengkap tanpa mencicipi hidangan makan siang tradisional dari Canton ini. Dim sum menjadi populer karena bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang tua, masyarakat lokal, hingga turis. Bentuknya yang kecil bisa dimakan dalam sekali suap dan, karenanya, membuat orang tak akan pernah puas menyantap satu porsi saja. 

    8. Ramen, Jepang
    Konon, orang Jepang mengatakan, semakin lezat ramen atau hidangan mi yang Anda nikmati, Anda harus menyeruput kuah kaldunya dengan lebih keras untuk menghormati juru masaknya. Ada berbagai macam cita rasa ramen, mulai dari tekstur mi-nya, topping-nya, bumbu-bumbu, dan terutama kaldunya. Hanya dari kuah kaldunya kita bisa menilai betapa "jenius" sang juru masak.

    9. Peking duck, China 
    Bebek peking adalah hidangan otentik Shanghai, dan boleh dibilang merupakan makanan China yang paling populer dan menjadi favorit di segala tempat. Bebek dipanggang perlahan di dalam oven sehingga menghasilkan daging yang empuk dan kulit yang renyah. Begitu kaya cita rasa kulitnya sehingga banyak rumah makan menyajikan lebih banyak kulit daripada dagingnya. Bahkan, ada sajian khusus berupa crepe isi kulit bebek peking, daun bawang, dan saus hoisin yang manis.

    10. Massaman curry, Thailand 
    Hidangan kari yang pedas, bersantan, manis, dan gurih. Biasanya menggunakan daging sapi, tetapi sering juga memakai ayam, bebek, atau tahu. Selain itu, masakan ini berisi kacang panggang, kentang, yang dimasak dengan daun salam, saus ikan, kayu manis, kapulaga, gula aren, adas, dan saus asam jawa, serta berbagai rempah dari Indonesia, seperti kunyit, cengkih, jintan, dan pala.

    siapa bilang keunikan dan kekayaan kuliner Indonesia cuman cocok untuk lidah lokal ? gak juga tuh.
    buktinya rendang sebagai makanan tradisional khas Sumatera Barat baru-baru ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. rendang mampu mengungguli semua kompetitornya dari negara lain seperti: mie ramen, sushi, bebek peking, dim sum, cheeseburger, kebab, hingga lasagna.
    Rendang Asli Indonesia
    Rendang Asli Indonesia
    rendang dianugerahi sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNNgo.  rendang bersaing dengan 50 makanan lain yang sudah sangat terkenal di dunia. proses pemilihan makanan terbaik dilakukan melalui jajak pendapat yang melibatkan 35.000 responden di seluruh belahan dunia. jajak pendapat ini dilakukan oleh CNN International.
    Apa itu Rendang ?
    rendang adalah makanan tradisional yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya dengan ditambahkan santan kelapa. selain itu juga banyak dipadukan dengan bahan lain seperti cabe, lengkuas, bawang, dan masih banyak bumbu lainnya.
    sebenarnya untuk di Indonesia sendiri banyak jenis rendang. tapi yang paling terkenal dan mampu masuk sebagai pemenang makanan terlezat di dunia adalah rendang khas Sumatera Barat. rendang dari Sumatera Barat mempunyai tekstur warna yang lebih hitam daripada rendang jenis lainnya. selain itu dari rasa rendang Sumatera Barat punya rasa yang lebih pedas dan lebih terasa bumbu rempahnya.
    Filosofi Rendang
    Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah. nah alasannya adalah karena:
    1. Dagiang (Daging Sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak yang berarti para pemimpin suku adat
    2. Karambia (Kelapa), merupakan lambang dari Cadiak Pandai  alias kaum intelektual
    3. Lado (Cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan nilai agama
    4. Pemasak (Bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.
    Resep Memasak Rendang 
    berikut ini resep untuk memasak rendang khas Minang yang gw dapet dari RendangMia. waktu yang dibutuhkan untuk masak rendang biasanya sampai 8 jam loh…berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:
    • 1,5 Kg daging sapi
    • 12 gelas santan kelapa
    • 2 biji asam kandis
    • 1 batang serai yang di memarkan
    • 1 lembar daun kunyit
    • 2 lembar daun jeruk purut
    • Garam Sesuaikan dengan selera
    • 1 ons cabe merah (dihaluskan)
    • 15 buah bawang merah (dihaluskan)
    • 6 siung bawang putih (dihaluskan)
    • 5 buah kemiri (dihaluskan)
    • 2 cm jahe (dihaluskan)
    • 3 cm laos tidak perlu dihaluskan hanya ditumbuk asal saja
    cara memasaknya adalah:
    1. Daging dipotong sesuai selera. gak usah terlalu besar dan kecil…ukuran sedang aja
    2. Rebus santan dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun-daun dan asam kandis
    3. Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging yang sudah lo iris
    4. Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Untuk tekstur daging rendang yang tampak hitam, lo bisa kecilkan apinya sambil dimasak perlahan.
    tips memasak rendang yang baik adalah:
    1. 1kg daging, dengan kelapa 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau lo ingin menyajikan 1,5 kg sebaiknya menggunakan 5 butir kelapa agar santan terasa lebih kuat.
    2. Ditambahkan 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
    3. Ditambah 2 sdm (sendok makan) kelapa parut sangrai digiling halus hingga keluar minyak
    4. Sedikit gula (bila suka), khususnya saat menggiling cabai
    5. Ingin memperkuat rasa? tambahkan sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
    6. Supaya rasa bumbu lebih meresap, sebaiknya daging diungkep bersama dengan semua bumbu dan daun, setelah air daging mengering  masukan santan, diaduk sampai mendidih.
    7. Ingin tekstur daging menghitam ala rumah masakan padang ? kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata.
    8. *PENTING, jangan gunakan kelapa gonseng agar ketahanan masakan rendang padang lebih panjang, meskipun lebih menyita tenaga namun hasilnya jelas lebih berkualitas.
    rendang ini tanpa bahan pengawet buatan, tapi pake bahan yang alami yaitu asam kandis. masukan asam kandis jangan terlalu banyak 2 atau 3 butir aja ntar malah terlalu asam jadi gak enak kan. kalo lo mau bikin rendang khas Minang yang warna hitam itu jangan pake kunyit.
    Rendang Warisan Budaya Indonesia
    makanan satu ini paling mudah ditemukan di semua rumah makan padang di Indonesia. rendang paling enak dipadukan dengan nasi padang yang kaya akan kuah dan nasi hangat.
    apalagi kalo rendang dimakan di siang hari sambil ditemani segelas es teh manis. pastinya udah bisa bikin lo ngiler kan…gw aja udah ngiler daritadi.
    yang gw baca di salah satu Artikel ternyata Burger King pada tahun 1987 pernah membuat burger yang isinya rendang loh. usul dari gw ayo kita lestarikan rendang ini, jangan sampe diakuisisi sama negara Mal*ysia yang udah banyak ‘mencuri’ budaya bangsa kita.
    Makanan Terlezat Lainnya Dari Indonesia
    gak hanya Rendang doang loh yang menjadi makanan terlezat di Indonesia. ternyata kita juga menyumbangkan 2 makanan favorit lainnya loh…Nasi Goreng khas Indonesia menduduki urutan kedua makanan terlezat di dunia.
    Nasi Goreng Indonesia mampu mengalahkan Nasi Goreng Khas Thailand yang berada jauh di urutan ke-24. selanjutnya Sate menjadi makanan terlezat di dunia untuk urutan ke-14.
    nah sekarang udah tahu kan kalo Indonesia itu kaya akan wisata kulinernya. jadi jangan ragu promosiin kekayaan kuliner negara kita ke temen-temen, baik di dalam maupun di luar negeri.
    Sumber: pemale.kompas.com dan berbagai sumber
    Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

    2 komentar:

    1. selamat atas prestasi rendang sebagai makanan terlezat di dunia :) sungguh membanggakan dan semoga menjadi motivasi untuk kuliner asli indonesia yang lainnya

      BalasHapus
    2. @heri: mudah2an makanan indonesia lainnya jg mendunia ya bang...

      BalasHapus