Jumat, 07 Oktober 2011

Punya Kakak Cowok Perlambat Pubertas Perempuan

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




img
Perth, Bagi perempuan, punya kakak laki-laki pasti menyenangkan karena bisa merasa dilindungi. Tapi menurut studi, punya kakak laki-laki ternyata bisa memperlambat masa pubertas perempuan.

"Kami menemukan bahwa gadis yang memiliki kakak laki-laki mengalami keterlambatan menarche (haid pertama)," ujar Dr Debra Judge, ahli ekologi perilaku manusia dari University of Western Australia di Perth, seperti dilansir dari Thetimesofindia, sabtu (28/8/2010).

Judge dan rekannya menyelidiki pengaruh saudara kandung laki-laki pada 273 partisipan laki-laki dan perempuan usia 18 hingga 75 tahun.

Partisipan diberikan kuesioner yang menanyakan tentang jumlah, usia dan jenis kelamin semua saudaranya. Partisipan juga ditanya tentang kapan pengalaman seksual pertama, menstruasi pertama, memiliki anak pertama dan jumlah anak yang dimiliki.

"Hasil yang paling membingungkan adalah ketika seorang perempuan memiliki kakak laki-laki. Rata-rata perempuan yang memiliki kakak laki-laki mengalami keterlambatan menarche," jelas Dr Judge.

Menurut Dr Judge, hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki kakak laki-laki tetapi tidak memiliki kakak perempuan mengalami menarche rata-rata usia 13,6 tahun.

Sedangkan perempuan yang tidak memiliki kakak laki-laki atau hanya memiliki kakak perempuan, rata-rata mengalami menarche pada usia 12,7 tahun. Dan perempuan yang memiliki kakak perempuan dan laki-laki rata-rata mengalami menarche pada usia 13,3 tahun.

"Kami tidak tahu pasti apa yang menunda menarche tersebut. Tapi berdasarkan analisa, hal ini disebabkan oleh semacam proses psikososial yang memperlambat proses pendewasaan pada perempuan," ungkap Dr Judge.

Dr Judge menjelaskan kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan keseimbangan hormon, yang disebabkan karena perbedaan cara perlakuan kakak laki-laki kepada adik perempuannya, yang cenderung menjadi pelindung.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal Proceedings of the Royal Society B.
Sumber : health.detik.com Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar