Kamis, 13 Oktober 2011

R Birchard Hayes (Presiden Amerika Serikat Ke 19)

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Rutherford Birchard Hayes lahir di Delaware, Ohio, 4 Oktober 1822–meninggal di Fremont, Ohio, 17 Januari 1893 pada umur 70 tahun. Ia politikus Amerika, pengacara, pimpinan militer, dan Presiden Amerika Serikat (1877–1881) yang ke-19 (1877–1881). Ayahnya seorang petani dan meninggal dunia sebeum ia dilahirkan. Rutherford Hayes menamatkan sekolah hukumnya di Universitas Harvard pada usia 23 tahun. Setelah lulus ia menjalankan praktek hukum selama beberapa tahun hingga Perang Saudara Amerika pecah. Ia lalu bergabung dengan dinas Angkatan Darat Amerika dan pangkatnya naik hingga Mayor Jenderal brevet, yang berarti walaupun berpangkat Mayor Jenderal gajinya setara dengan Brigadir Jenderal.

Pada 1876 dalam usianya yang ke 54 tahun, Hayes dipilih oleh Partai Repubik sebagai calon Presiden. Pada saat berkampanye Mark Twain, pengarang dan humoris Amerika yang termasyur, ikut mendukungnya. Namun walaupun begitu Hayes hampir yakin Partai Demokrat akan menng dalam pemilihan umum, terlebih lagi setelah hasil mula-mula pemilihan umum mulai masuk dan menunjukkan tanda-tanda bahwa Partai Demokrat memang akan menang. Hayes pergi tidur dengan keyakinan bahwa ia telah kalah dalam pemilihan. Pada kenyataannya, walaupun Hayes mendapatkan 250 ribu suara lebih sedikit dari lawannya, pemungutan suara dalam Dewan Pemilih menentukan bahwa Hayes-lah yang terpilih untuk menjadi Presiden ke-19. Kemenangan Hayes dalam pemilihan ini menjadi bukti bahwa di Amerika Serikat, seorang calon Presiden dapat memenangkan pemilihan Presiden sekalipun ia mendapat lebih sedikit suara daripada lawannya.

Sebagai Presiden, Hayes berusaha melenyapkan pertikaian antara golongan-golongan di kalangan rakyat Amerika, yang menjadi semakin mendalam selama pemerintahan sebelumnya. Namun karena tindakan-tindakan yang diambilnya, ia banyak kehilangan kesetiaan rakyat dan pemimpin-pemimpin Partai Republik. Seandainya ia berniat untuk mencalonkan diri lagi untuk menjadi presiden, ia memiliki banyak lawan dari dalam Partai Republik akan menghalang-halanginya, namun bahkan pada masa kepresidenannya Hayes telah mengumumkan ketidaksediaannya untuk menjadi Presiden kedua kalinya.Hayes didampingi oleh William A. Wheeler sebagai wakil presiden. Pada tahun 1881 saat masa jabatannya berakhir, ia pindah ke kampung halamannya di negara bagian Ohio, dan selama 12 tahun sisa hidupnya ia giat dalam memajukan bidang pendidikan dan amal jariah.


Referensi: wikipedia
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

2 komentar:

  1. thank you gan semoga banyak yang berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus