Selasa, 04 Oktober 2011

Kebersihan Bagi Anak Laki – Laki Selama Puber

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Selama masa puber, kebersihan harus disesuaikan dengan perubahan. Rambut dan kulit akan berkembang, jerawat bagi kebanyakan orang akan menjadi tantangan serius sementara kesehatan organ genital harus disesuaikan menuju perkembangan selanjutnya. 

Perawatan rambut

Rambut bagi anak laki - laki ibarat seperti mahkota kebanggaan mereka. Model rambut menjelaskan identitas Anda. Ketika masa puber tiba, kelenjar minyak akan
mengeluarkan minyak lebih banyak lagi dibanding minyak yang biasa Anda gunakan. Hal ini akan membuat rambut Anda seperti tidak pernah Anda cuci selama beberapa hari bahkan jika Anda baru saja mencucinya di pagi hari.
Pengeluaran minyak berlebihan merupakan bagian dari proses puber tersebut, tapi Anda bisa mengantisipasinya. Anda mungkin perlu mengganti shampoo Anda. Pilihlah salah satu yang akan menghilangkan kelebihan minyak, daripada shampoo dengan formula untuk rambut normal atau kering. Hal ini akan mengurangi sebagian minyak yang berlebihan. Kondisioner akan memastikan folikel rambut tidak rusak dan mengendalikan jumlah minimum kelembapan yang dibutuhkan.
Tipe jenis rambut juga penting. Lelaki Afro-Amerika cenderung memiliki rambut yang kering. Peningkatan minyak akan bekerja lebih baik untuk folikel rambut mereka. Dengan kelebihan - kelebihan minyak yang terlibat di sini tidak perlu menambah lebih banyak lagi minyak pada rambut kecuali Anda menyadari adanya kerusakan pada rambut anda.

Perawatan kulit

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Kulit diisi oleh ribuan kelenjar minyak, ujung saraf, serta pembuluh darah yang kecil. Kulit merupakan hal pertama yang dilihat oleh seseorang ketika melihat pada Anda, jadi kulit sangat penting tidak hanya karena perubahan hormon tapi juga untuk menjaganya tetap sehat.
Mari kita mulai dari kelenjar keringat. Anda akan berkeringat lebih banyak. Keringat merupakan sesuatu yang normal karena tubuh Anda mengeluarkan cairan sebagai bagian dari mekanisme pendinginan. Keringat akan mengenai kulit Anda dan menguap, sebagai efeknya adalah mendinginkan tubuh Anda. Anda akan berterimakasih oleh sistem ini setelah olahraga berat seperti bola basket.
Sayangnya, cairan tubuh tersebut (yang mengandung elektrolit dan produk sisa metabolisme tubuh) dapat bercampur dengan kotoran pada kulit dan menciptakan bau yang tidak enak. Hal inilah yang biasanya dikenal akrab oleh anak - anak dengan “B.O”. Hal ini ibarat Feromon (hormon untuk menarik perhatian lawan jenis) bagi hewan - hewan liar tapi sangat tidak enak bagi manusia ketika mereka berada di sekitar lawan jenisnya.
Lawanlah bau tersebut dengan menjaga kulit Anda bersih dan gunakan deodorant atau anti keringat. Jika Anda menyadari Anda akan segera berkeringat, menggunakan deodorant akan membantu Anda memiliki bau yang lebih enak di tempat yang berambut terutama di ketiak. Semua remaja tidak selalu perlu memakai deodorant. Jika Anda tidak berkeringat banyak, Anda mungkin tidak perlu menggunakan odor. Jangan menggunakannya sampai Anda memerlukannya.
Di sisi lain, jika Anda akan pergi ke acara kencan atau melakukan presentasi, perasaan gugup akan memicu kelenjar keringat untuk melepaskan keringat. Dalam kasus ini Anda akan membutuhkan anti keringat untuk mencegah berkeringat pada situasi seperti ini.

Jerawat

Hal ini merupakan kutukan bagi semua remaja. Ketika kelenjar keringat tersumbat, mereka memerangkap debu, kotoran, dan minyak. Hal ini akan memicu noda hitam atau noda putih menyembul ke permukaan kulit. Mereka timbul di punggung dan dada bagian atas tapi biasanya yang paling dikenal adalah di muka.
Untuk mengatasinya, jangan tekan jerawat tersebut. Hal ini hanya akan meninggalkan luka pada kulit. Gunakan pembersih untuk menghilangkan kelebihan minyak. Jika Anda memiliki terlalu banyak minyak di dalam rambut Anda, hal ini akan terserap oleh muka Anda dan memicu lebih banyak lagi jerawat. Gunakan pembersih untuk membuka pori - pori. Sebuah astringent dapat menghilangkan kelebihan kotoran dan mengeringkan jerawat. Pelembab tidak akan menyumbat pori tapi akan mengembalikan kelembapan yang dibutuhkan pada muka.
Kasus lain yang lebih serius seperti Acnitic Keratoris akan lebih baik jika ditangani oleh dokter kulit (dermatologist) yang dapat memberikan Anda produk - produk tertentu untuk menghentikan kemunculan jerawat dan rasa sakit yang diakibatkannya. Satu poin penting lagi adalah ikuti aturan hidup sehat sehari - hari dan ikuti saran dokter.
Untuk mengurangi kemunculan komedo hitam dan putih, jagalah kebersihan wajah Anda dari zat - zat kimia. Jika Anda menggunakan minyak rambut atau gel, hati - hatilah agar tidak mengenai wajah Anda. Jika Anda melakukannya, cucilah secepatnya sehingga sisa - sisa minyak tersebut tidak akan menyumbat pori - pori muka Anda.

Kesehatan Organ Intim (Genital)

Di sinilah tempat terjadinya semua perubahan ketika Anda puber. Tumbuhnya rambut di wilayah genital Anda, di balik tangan dan dada Anda. Rambut bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan infeksi lainnya.
Salah satu bagian dari kebersihan adalah menjaga kebersihan setiap hari. Kelembapan dapat memerangkap bakteri, jadi pastikan untuk mengeringkan tubuh secara keseluruhan setelah mandi. Mengenakan pakaian dalam berbahan katun (dicuci setiap hari) untuk menghilangkan semua kelembapan dan membiarkan sebanyak mungkin sirkulasi udara di sekitar area tersebut.
Jika Anda tidak di sunat, kulit di bagian di ujung penis harus ditarik ke belakang untuk memastikan kebersihan menyeluruh pada penis. Di malam hari selama masa puber, laki - laki muda dapat mengalami ereksi ketika bermimpi tentang hal - hal berbau seks. Hal ini bisa mengarah ke pengeluaran sebagian kecil ejakulasi dari penis. Hal ini menyebabkan titik yang basah (asal usul dari istilah mimpi basah). Menjaga kebersihan wilayah ini sangat penting sekali.
sumber www.conectique.com
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar