Selasa, 11 Oktober 2011

Gerald Rudolph Ford, Jr. (Presiden AS Ke 38)

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Gerald Rudolph Ford, Jr adalah Presiden Amerika Serikat ke-38 (1974-1977) dan Wakil Presiden Amerika Serikat ke-40 (1973-1974). Nama kecilnya Leslie Lynch King, Jr, lahir di Omaha, Nebraska, 14 Juli 1913 – meninggal di Rancho Mirage, California, 26 Desember 2006 pada umur 93 tahun) Ia menggantikan Presiden Nixon yang mengundurkan diri karena Watergate. Ford adalah wakil presiden pertama di bawah Amendemen 25. Gerald Ford berasal dari partai Republik. Karena sebelumnya ia adalah wakil presiden, maka tidak ada wakil presiden dalam periode jabatan kepresidenannya. Ia kemudian didampingi oleh Nelson Rockefeller sebagai wakil presiden.

Pada usia dua tahun orang tua Gerald Ford bercerai dan ibunya menikah kembali dengan Gerald R. Ford di Grand Rapids, Michigan. Ia kemudian dengan sah diangkat sebagai anak oleh ayah tirinya dan ia memakai nama dari ayahnya yang baru.Gerald menjadi bintang sepak bola di SMA/sekolah menengah dan telah beberapa kali memimpin regunya memperoleh kemenangan.

Di Universitas Michigan ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dari regunya pada 1934. Ia menolak tawaran untuk menjadi pemain sepak bola profesional dan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Hukum Yale dengan bekerja sebagai pembantu pelatih sepak bola dan pelatih tinju sambil meneruskan sekolahnya. Pada 1934 ia lulus sebagai juara ketiga dikelasnya. la kemudian bekerja sebagai ahli hukum di Grand Rapids, tetapi pada tidak lama sesudah Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia Kedua, ia masuk Angkatan Laut dan bertugas di Pasifik selama 47 bulan.

Pada 1946 ia keluar dari Angkatan Laut dengan jabatan terakhir sebagai Letnan Komandan. Ia kembali ke Grand Rapids sebagai ahli hukum dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan dari Kamar Dagang (Chamber of Commerce) untuk pengabdiannya pada masyarakat. Pada 1948 ia dipilih sebagai anggota Kongres untuk wilayah lima dari Michigan. Ia bertahan selama 25 tahun sebagai wakil dari Michigan di Kongres. Selama delapan tahun ia juga menjabat pemimpin Partai Republik di Kongres Amerika Serikat. Pada peristiwa pembunuhan Presiden Kennedy ia menjadi anggota dari Warren Commission yang menyelidiki tentang pembunuhan tersebut. Ia bersama dengan penulis lain menulis buku tentang laporan dari komisi.Sebagai anggota Kongres, ia dinilai sebagai orang konservatif. Kawan kawannya mengenal dia sebagai orang yang gigih, sungguh-sungguh, dan tidak berlebihan.Pada 12 Oktober 1973 Wakil Presiden Spiro T. Agnew mengundurkan diri dari jabatannya, Presiden Nixon memilih Ford sebagai gantinya. Pada 27 November Senat Amerika Serikat menyetujui pengangkatannya dengan suara 92 lawan 3. Pada dan Kongres pada 6 Desember 1973 Kongres memberikan suara 387 setuju lawan 35 dan Ford disumpah sebagai Wakil Presiden pada hari yang sarna.

Sebagai wakil presiden Ford sangat loyal terhadap Presiden Nixon. Namun skandal watergate sangat memberatkan posisi dan sikap yang harus diambilnya. Presiden Nixon nyata-nyata telah menyalahgunakan kekuasaannya dengan menutup-nutupi kejahatan yang dilakukan bawahannya. Presiden Nixon kemudian mengundurkan diri sebagai Presiden pada tanggal 8 Agustus, dan Ford mengambil sumpah jabatan hari berikutnya, menjadi Presiden 38 dari Amerika Serikat.

Presiden Gerald Ford berkuasa dengan dukungan dari sebagian besar publik Amerika, media, dan politisi dari kedua belah pihak. Setelah satu bulan memerintah, ia memutuskan mengampuni mantan Presiden Nixon. Sebagai presiden, tantangan terbesar Gerald Ford adalah merosotnya perekonomian Amerika Seikat. Pemerintahan Ford berjuang berulang kali dengan Kongres melakukan pemotongan pajak, pengeluaran pemerintah federal, dan kebijakan energi. Sementara ekonomi telah mulai membaik pada tahun 1976, dimana mulai masuk masa pemilihan presiden untuk masa berikutya.

Langkah Gerald Ford dalam pemilihan presiden 1976 itu ternyata sangat sulit. Ronald Reagan, pemimpin sayap konservatif Partai Republik, berjuang untuk Ford sepanjang musim untuk memenangkan nominasi presiden Partai Republik. Setelah mampu bertahan tantangan berikutnya dari Partai Demokrat yang mengusung Georgia Jimmy Carter dalam pemilihan umum. Selanjutnya Ford kalah bersaing dalam pemilihan presiden pada bulan November 1976. Setelah pensiuan dari masa kepresidenan, Gerald dan Betty Ford meninggalkan Gedung Putih dan menetap di California. Beliau tetap aktif dalam kehidupan politik, setelah berjuang melawan masalah sendiri dengan alkohol dan obat nyeri, Gerald Ford meninggal pada tanggal 26 Desember 2006, di rumahnya di Rancho Mirage, California.

Referensi : http://millercenter.org/ 
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar