Selasa, 11 Oktober 2011

Biografi Margaret Thatcher

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Margaret Thatcher adalah wanita pertama yang menjadi perdana menteri Inggris dan PM pertama yang menjabat selama tiga periode berturut-turut. Ia dijuluki “wanita besi” dan memimpin Inggris memenangkan Perang Falkland melawan Argentina serta memainkan peran penting salam kemenangan kapitalisme sebagai system yang tetap bertahan hingga akhir abad 20.

Lahir di Grantham Inggris, 13 Oktober 1925 dengan nama Hilda Roberts, terkenal seorang gadis yang cerdas, dan tekun. Bermodal beasiswa ia berhasil masuk ke universitas elot Oxford University dan meraih dua gelar di bidang kimia dan hukum. Ketertarikannya dalam dunia politik membawanya ke Parlemen Inggris pada usia 34 tahun. Dia membuktikan menjadi legislator terbaik dari Finchley wilayah utara Londonbahkan menmpati ranking puncak di Parlemen. Pada usia 44 tahun ia terpilih menjadi menteri pendidikan pada masa PM Edwarth Heath. Setelah kekalahan Partai Konservatif tahun 1974, setahun berikutnya ia memenangkan persaingan dalam pemilihan pemimpin partai melawan Edwarth Heat. Ketika Partai Konservatif menang pemilu tahun 1979, ia di angkat menjadi perdana menteri Inggris. PAda masa awal jabatannya, Thatcer menyuarakan pasar terbuka, diskusi terbuka, dan persekutuan (koalisi) yang loyal.

Thatcher mengubah sifat anti serikat buruh di pemerintahan Inggris menjadi suara mayoritas dalam parlemen. Ia membuat serangkaian peraturan mengenai perburuhan yang mengakhiri konflik masalah buruh. Dalam kebijakan ekonomi, Thatcer merancang privatisasi industry nasional yang saat itu masih di anggap tabu. Perusahaan penerbangan British Air Ways berubah menjadi maskapai penerbangan terbaik dan paling menguntungkan di dunia. British Steel perusahaan baja yang selalu merugi disulap menjadi perusahaan Negara dan menjadi perusahaan logam terbesar di Eropa. Pada  decade 1980-an, hampir 50 negara di seluruh dunia beramai-ramai mengikuti jejak Thatcer dalam program privatisasi perusahaan-perusahaan yang hampir bangkrut, dan mengubah perusahaan swasta menjadi lebih berkembang. Berbagai Negara mengirimkan delegasi ke Inggris untuk belajar dengan Margaret Thatcher mengenai pengelolaan ekonomi Negara. Hal inilah menjadi sumbangan terbesar Inggris bagi praktek ekonomi dunia sejak Keynes memperkenalkan Keynesianisme atau bahkan sejak Adam Smith mempublikasikan The Wealth of Nations.

Pemimpin dunia yang secara terbuka memuji kepemimpinan Thatcer adalah Presiden Ronald Ragen yang langsung mempraktekan cara Thatcer di Amerika serikat mengenai deregulasi, pemotongan pajak, dan membuka kesempatan pasar lebih luas bagi perusahaan-perusahaan.  Persahabatan Thatcer dan Reagen di terapkan dalam kebijakan luar negeri. Tekanan terhadap Uni Soviet dan mendorong Soviet melakukan reformasi menjadi makin kuat. Bersama reagen, ia mendorong Mikhail Gorbachev melanjutkan kebijakan perestroika yang akhirnya meruntuhkan rasa percaya diri elit Soviet. Jasa besar Thatcher adalah mendukung dua hal yaitu pasar bebas dan pikiran bebas. Thatcher, putri seorang pelayan toko telah membuktikan kemauan keras, ide-ide yang jelas, sederhana telah menghantarkan namanya dalam catatan sejarah dunia.

Referensi:
Buku 100 tokoh berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar