Kamis, 13 Oktober 2011

Ulysses S Grant (Presiden Amerika Serikat Ke 18

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Ulysses S. Grant terlahir Hiram Ulysses Grant lahir di Point Pleasant, Ohio, 27 April 1822 – meninggal di Mount McGregor, New York, 23 Juli 1885 pada umur 63 tahun. Ayahnya seorang tukang kulit. Pada usia 17 tahun ia masuk sekolah militer West Point. Ia menamatkan sekolahnya saat pada umur 21 tahun di tahun 1843. Ia menjadi tentara selama kira-kira 10 tahun dan meninggalkan kehidupan tentara untuk bekerja di toko kulit ayahnya di negara bagian Illinois. Ia seorang jenderal Amerika dan Presiden Amerika Serikat (1869–1877) yang ke-18. Ia menjabat presiden selama dua masa jabatan berturut-turut antara tahun 1869 hingga 1877. Ulysess Grant adalah pahlawan militer ketika ia terpilih menjadi presiden. Pada 1864, ia diangkat menjadi Jenderal tertinggi oleh Presiden Abraham Lincoln dalam Perang Saudara Amerika. Pada 1865 ia menerima penyerahan Jenderal Robert Lee, panglima negara-negara bagian selatan Amerika yang memberontak, yang menandakan berakhirnya Perang Saudara. Ia dianggap yang bisa memenangkan perang ini, sebagai panglima pasukan Federal yang mengalahkan pasukan Konfederasi.

Pada tahun 1869, kala Ulysses Grant terpilih menjadi presiden, rakyat Amerika mengharapkan berakhirnya kekacauan yang terus saja timbul sesudah Perang Saudara. Tetapi Presiden Ulysses Grant tidak memberi semangat ataupun perbaikan. Ia memimpin pemerintahan seperti ia memimpin tentara, dan pada kenyataannya ia membawa sebagian dari anggota staf tentaranya ke Gedung Putih. Ia berasal dari partai Republik. Tampil sebagai wakil presiden dalam masa kepresidenannya adalah Schuyler Colfax dan Henry Wilson. Sekalipun Uysses Grant sangat jujur sebagai manusia, namun sebagai presiden ia banyak menerima hadiah-hadiah berharga dari berbagai kalangan. Lebih-lebih lagi, ia tidak segan-segan terlihat bergaul dengan dua orang spekulan yang terkenal karena reputasi mereka bermain spekulasi dengan maksud menguasai pasar emas. Ketika Presiden Uysses Grant menyadari rencana mereka, ia memberi kuasa kepada Menteri Keuangan untuk menjual emas negara guna menghancurkan rencana orang tadi. Namun spekulasi mereka telah mengakibatkan kerugian dalam dunia perniagaan. Pada tahun 1872 dalam kampanyenya untuk pemilihan kembali , Presiden Ulysses Grant diserang oleh golongan liberal Partai Republik, yang bersama-sama dengan Partai Demokrat, mengajukan calon presiden mereka. Tapi Presiden Ulysses Grant berhasil dipilih kembali.

Pada tahun 1877, setelah meletakkan jabatan kepresidenannya, Ulysses Grant bergabung dengan sebuah perusahaan, yang kemudian jatuh bangkrut dan kira-kira pada saat yang sama ia mengetahui bahwa ia menderita penyakit kanker tenggorokan. Ia mulai menulis kenang-kenangannya untuk membayar hutangnya, dan berlomba-lomba dengan maut dalam menyelesaikan buku kenangan riwayat hidupnya. Empat hari setelah ia menyelesaikan buku kenangannya Ulysses Grant menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 23 Juli 1885. Bukunya berhasil meraup pendapatan sebesar 450.000 dollar Amerika. Ulysses Grant meninggalkan tiga orang putera dan seorang puteri.


Referensi: wikipedia
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

2 komentar:

  1. thank you gan semoga banyak yang berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus