Jumat, 18 November 2011

Biografi Soekardjo Wirjopranoto

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Nama Lengkap : Soekardjo Wirjopranoto
Lahir : New York, 23 Oktober 1962
Makam : TMP Kalibata

Soekardjo Wirjopranoto adalah tamatan Sekolah Hukum. Dia pernah bekerja di pengadilan negeri sebelum pada akhirnya mendirikan kantor pengacara di kota Malang. Dia juga adalah anggota Dewan Provinsi dan wakil Walikota Malang.


Bersama-sama dengan dr. Soetomo, dia mendirikan organisasi persatuan bangsa indonesia (PBI). Cikal bakal berdirinya PBI adalah indonesische Studie Club (IAC), yaitu suatu kelompok pelajar dan orang-orang terpelajar yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan jalan mendirikan “rukun tani”, menggalakkan koperasi, membentuk serikat pekerja, dan lain-lain.

Pada tahun 1935, PBI dan Boedi Oetomo bergabung menjadi Parindra (Partai Indonesia Raya). Selain di partai tersebut, dia juga aktif sebagai sekertaris di gabungan politik indonesia (GAPI).

Setelah masa kemerdekaan, Soekardjo Wirjopranoto pernah beberapa kali ditunjuk menjadi duta besar di beberapa negara sahabat. Terakhir dia ditunjuk sebagai wakil tetap Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hingga wafatnya, dia selalu aktif melakukan upaya-upaya diplomasi dalam rangka mencari dukungan untuk usaha membebaskan irian barat dari penjajahan belanda.

Berdasarkan surat keputusan Presiden RI No. 342/1962, Soekardjo Wirjopranoto Di angkat sebagai Tokoh Nasional / Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Semoga Biografi Soekardjo Wirjopranoto ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus