Jumat, 18 November 2011

Biografi R.M Suryo

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Lahir di Magelang, 9 Juli 1898, Wafat di Ngawi, 10 September 1948 di makamkan di Magelang. Raden mas (R.M.) Suryo memiliki latar belakang pendidikan kepamongprajaan antara lain OSVIA dan Bestuurs School. Selain itu suryo juga pernah mendapat pendidikan polisi DiSukabumi.


Awal karirnya dirintis saat ia bekerja sebagai pamongpraja diNgawi, Kemudian sebagai mantri di Madiun, dan pada masa penjajahan belanda sebagai bupati Magetan. Pada masa penjajahan jepang, suryo diangkat sebagai Syucokan (Residen) di Bojonegoro.

R.M. Suryo kemudian diangkat sebagai Gubernur Jawa Timur pertama setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ibukota Provinsi Jawa Timur ini berkedudukan di kota Surabaya.

Tanggal 23 oktober 1945, pasukan sekutu (AFNEI) dari Brigade di Surabaya. Kedatangan AFNEI sebenarnya bertujuan melucuti pasukan jepang dan memulangkanya ke negeri asal mereka. Namun, ternyata pasukan belanda turut membonceng dan ingin menjajah Indonesia Kembali. Kemudian terjadilah pertempuran yang menewaskan Brgjen Mallaby.

Sekutu menjadi amat marah dan mendatangkan pasukan tambahan di bawah pimpinan Mayjend R.C. Mansergh. Tanggal 9 November 1945, sekutu mengultimatum agar para pejuang surabaya menyerah. Masih di tanggal yang sama, R.M. Suryo segera melakukan turun rembuk dengan tentara keamanan rakyat (TKR). Hasilnya, 9 November 1945, pukul 23.00 Wib melalui siaran radio R.M. Suryo menyatakan meolak ultimatum inggris. R.M. Suryo juga memerintahkan rakyat surabaya untuk siap berperang melakukan perlawanan. Maka pada tanggal 10 November 1945 terjadilah pertempuran besar-besran yang sering disebut sebagai Pertempuran 10 November.

Tahun 1947, R.M. Suryo diangkat sebagai anggota Dewan Petimbangan Agung (DPA). Tanggal 10 september 1948, R.M. Suryo di culik dan dibunuh oleh gerombolan PKI disaat sedang melakukan perjalanan dinas ke Ngawi. Ketika itu PKI sedang bersiap untuk melakukan pemberontakan. R.M. Suryo mendapat gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional seperti tertera pada SK Presiden RI Bo. 294 Tahun 1964.

Semoga Biografi R.M. Suryo ini bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus