Jumat, 18 November 2011

Biografi R.M. Soerjopranoto

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Pendidikan yang pernah di tempuh oleh R.M. Soerjopranotoadalah sekolah pegawai negeri dan sekolah pertanian di Bogor. Dia pernah menjabat sebagai kepala dinas pertanian di wonosobo, tetapi kemudian mengundurkan diri.

Pada tahun 1914, setelah berhenti sebagai pegawai pemerintah belanda, dia membentuk organisasi Adhi Dharmo yang bergerak di bidang koperasi, sekolah, dan lain-lain bagi para petani dan buruh serta keluarganya.

R.M. Soerjopranoto juga tercatat sebagai salah satu pengurus besar sarekat islam. Dalam organisasi tersebut, dia selalu berupaya untuk membela nasib kaum buruh sehingga sempat tiga kali di penjara oleh belanda, yaitu pada tahun 1923, 1926, dan 1933.

Tak heran jika R.M. Soerjopranoto juga terkenal sebagai “RAJA PEMOGOKAN” Karena sering memimpin pemogokan buruh. Ini ia lakukan demi memperjuangkan kepentingan kaum buruh agar memperoleh kesejahteraan hidup. Bersama H.Agus Salim ia menjadi salah seorang pemimpin persatuan pergerakan kaum buruh (PPKB) yang berpusat diYogyakarta. 

R.M. Soerjopranoto juga banyak berkarya di bidang kewartawanan dan pendidikan hingga akhir hayatnya pada bulan 15 Oktober 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya, Berdasarkan SK Presiden RI No. 310/1959, Pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan kemerdekaan Nasional ntukR.M. Soerjopranoto.

Semoga Biografi R.M. Soerjopranoto INI bermanfaat bagi anda. Terima kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus