Jumat, 18 November 2011

Biografi Andi Djemma

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



Nama Lengkap : Andi Djemma
Lahir : Palopo, Sulawesi Selatan, 15 Januari 1901
Meninggal : MakassarSulawesi Selatan, 23 Februari 1965Pada umur 64 tahun

Andi Djemma adalah Raja Luwu seorang Tokoh Indonesiadan dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh PresidenRepublik Indonesia tanggal 8 November 2002.

Wilayah kekuasaannya kemudian menjadi daerah setingkat kabupaten setelah beberapa wilayahnya memisahkan diri menjadi beberapa kabupaten, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur dan Tana Toraja, semuanya masih di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan Kolaka menjadi sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara dan Poso di Sulawesi Tengah.

Menjelang kemerdekaan Indonesia pada 15 Agustus 1945, Djemma bahkan memimpin 'Gerakan Soekarno Muda' dan memimpin Perlawanan Semesta Rakyat Luwu pada 23 Januari 1946. Tanggal itu sekarang diperingati sebagai Hari Perlawanan Rakyat Semesta.

Pada 5 Oktober 1945, Djemma sempat mengultimatum pihak Sekutu agar segera melucuti tentaranya dan kembali ke tangsinya di Palopo. Ultimatum itu dibalas Gubernur Jenderal Belanda, Van Mook, dengan ultimatum juga. Andi Djemma yang mempunyai lima putera itu baru tertangkap Belanda pada 3 Juli 1946 dan diasingkan ke Ternate. Ia akhirnya meninggal di Makassar pada 23 Februari 1965.

Semoga Biografi Andi Djemma ini dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. thank ya shob...!! informasinya sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas. semoga banyak yg berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus