Jumat, 18 November 2011

Biografi Laksamana Madya Yos Sudarso

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



Nama Yos Sudarso sangat lekat dalam ingatan bangsa Indonesia dalam perjuangan merebut Irian Barat dari Tangan penjajah Belanda. Pasca perundingan KMB Irian Barat masih di bawah kolonialisme Belanda. Sebagai wilayah yang masuk dalam nusantara, Irian Barat diperjuangkan mati-matian oleh bangsa Indonesia baik melalui diplomasi maupun konfrontasi politik, ekonomi dan militer. Puncak perebutan Irian Barat melalui perintah Presiden Soekarno dalam pidatonya yang terkenal dengan sebutan Trikora (tri komando rakyat). Tindak lanjut dari Trikora adalah pembentukan komando Mandala dan konfrontasi militer. Dalam konfrontasi militer di Laut Arafuru, Laksamana Madya Yis Sudarso gugur setelah KRI Macan Tutul di bombardir Belanda.

Laksamana Madya Yosaphat Soedarso lahir di SalatigaJawa Tengah24 November 1925 dan meninggal di usia 36 tahun di atas KRI macan tutul dalam pertempuran Laut Aru melawan armada Belanda. Beliau menikah dengan Ny. Siti Kustini tahun 1955 dan dikaruniai lima anak. Namanya kini diabadikan menjadi nama armada angkatan Laut Indonesia , nama pulau, dan nama jalan-jalan protokol di kota-kota besar Indonesia. Beliau kemudian di anugrahi gelar pahlawan nasional.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

    BalasHapus