Jumat, 18 November 2011

Biografi K.H. Ahmad Dahlan

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





K.H. Ahmad Dahlan terlahir dengan nama Muhammad Darwis. Sejak kecil, dia sudah mendapat pendidikan agama dari ayahandanya K.H. Abubakar.

Biodata : 
Lahir   : Yogyakarta, 1868
Wafat       : Yogyakarta, 23 Februari 1923
Makam    : Yogyakarta


Pada tahun 1888, dia pergi ke mekah untuk menunaikan ibadah haji. Dia bermukmin di sana selama 5 tahun untuk menuntut ilmu agama. Skembalinya dari Tanah Suci, namanya berganti menjadi Haji Ahmad Dahlan. Pada tahun 1903, dia kembali pergi ke mekah selama 3 tahun untuk mendampingi ilmu agama.


K.H. Ahmad Dahlan juga pernah tercatat sebagai anggota Boedi Oetomo dan Sarekat Islam (SI) sebelum pada akhirnya membentuk organisasi Muhammadiyah tanggal 18 November 1912.

Organisasi Muhammadiyah aktif melakukan dakwah dan pendidikan yang disemangati oleh nila-nilai pembaruan dalam islam. Pada awal mula berdirinya, Muhammadiyah banyak ditentang dan dianggap menyalahi agama Islam, bahkan ada yang menuduhnya sebagai kyai palsu dan kyai kafir. Dalam perkembangan selanjutnya, Muhammadiyah tetap berdiri dengan tegar dan membantu perjuangan kemerdekaan dengan membentuk organisasi keputrian Aisyiah dan Kepanduan Hizbul Wathol.

Atas jasa-jasanya pada bangsa dan negara, berdasarkan SK Presiden RI No. 657/TK/1961, K.H. Ahmad Dahlandianugerahi gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Semoga Biografi K.H. Ahmad Dahlan INI bermanfaat untuk anda, Terima Kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

2 komentar:

  1. sekalipun biografinya singkat, tpi cukuplah buat referensi tentang KH. Ahmad Dahlan.
    makasih gan..

    BalasHapus
  2. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus