Jumat, 18 November 2011

Biografi Iwa Koesoemasoemantri

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Nama
Iwa Koesoemasoemantri
Tanggal lahir
31 Mei 1899
Meninggal
27 November 1971
Pendidikan
Hukum (Belanda)
Aktivitas
Politikus, ahli hukum menteri sosial (kabinet presidensial), Menteri Pertahanan (kabinet Ali Sastroamidjojo I, rektor universitas Padjajaran, Dewan Pertimbangan Agung
Aktivitas perjuangan
·         Ketua organisasi Indonesische Vereniging
·         menerbitkan surat kabarMatahari Indonesia



Iwa Kusumasumantri adalah salah satu pejuang kemerdekaan yang terlibat dalam pergerakan nasional selama menjadi mahasiswa di Belada. Ia aktif dalam Indonesische Vereniging sejak tahun 1922 . Ia menjadi anggota dan sempat menjadi ketua organisasi Indonesische Vereniging yang akhirnya berubah nama menjadi Perhimpunan Indonesia.

Setelah kembali ke Indonesia tahun 1927 ia bergerak dalam dunia hukum dan menjadi pengacara. Selain itu Ia menerbitkan surat kabar Matahari Indonesia yang banyak melakukan hujatan dan kritik pedas terhadap pemerintah kolonial Belanda. Akibatnya Ia diasingkan ke Banda dan Makassar. Setelah Jepang masuk ke Indonesia, Ia dibebaskan kemudian membuka kantor bantuan hukum di Jakarta. Setelah Indonesia memproklamasikan diri pada tahun 1945, Iwa Kusumasumantri kemudian di angkat Presiden Soekarno menjadi Menteri Sosial. Tahun 1953 ia bergabung dalam Kabinet Ali Sastroamidjojo I (1953-1955) sebagai Menteri Pertahanan. Tahun 1957 Kusumasumantri menjadi rektor Universitas Padjadjaran Bandung, lalu pada tahun 1961 menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung. Kusumasumantri mengakhiri kariernya di pemerintahan dengan menjabat sebagai Menteri Negara pada Kabinet Kerja IV (1963-1964). Ketika pensiun ia menjadi ketua Badan Penelitian Sejarah Indonesia dan aktif sebagai penulis buku.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

    BalasHapus