Jumat, 18 November 2011

Biografi Arie Frederik Lasut

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:




Arie Frederik Lasut Lahir di Tondano Sulawesi Utaratanggal 6 Juli 1918 Wafat Yogyakarta, 7 Mei 1949 Di Makamkan Di Yogyakarta. Arie Frederik Lasutmenamatkan pendidikan AMS di Jakarta. kemudian ia bekerja di Depatermen Urusan Ekonomi dan meneruskan pendidikanya di sekolah Teknik Tinggi Bandung (ITB) dengan beasiswa dari Dinas Pertambangan. namun, dia tidak menyelesaikan karena terjadi perang dunia ke 2. Pendidikan di Sekolah Teknik Tinggi tersebut akhurnya menjadi bekal bagi Arie untuk bekerja di Jawatan Geologi (Chrisitsu Chosayo) sebagai asisten geologi pada jaman jepang.

Saat Indonesia Merdeka, Arie mempelopori untuk merebut jawatan tersebut dari Jepang. Setelah itu, ia diangkat sebagai kepala Jawatan Tambang dan Geologi. Jawatan tersebut sempat beberapa kali pindah lokasi karena situasi politik yang dirasa tidak aman saat itu, antara lain ke Tasikmalaya dan Magelang. Di Magelang, Arie sempat mendirikan Sekolah Laboran Geologi, Sekolah Pertambangan Rendah, dan Sekolah Pertambangan Menengah Tinggi.

Arie Frederik Lasut juga diangkat sebagai anggota KNIP yang berfungsi sebagai DPR sebelum pemilihan umum dilaksanakan. Arie yang mengepalai Jawatan Tambang banyak mengetahui rahasia pertambangan RI. Karenanya, Belanda yang mencoba menguasai kembali RI membujuk agar Arie mau bekerjasama dengan diberi imbalan kedudukan dan gaji yang besar. Namun, Arie menolak dan malah berunding dengan pengusaha-pengusaha tambang asing yang bukan Belanda. Hal ini menyebabkan Belanda menjadi kesal dan kemudian menculik Arie.

Arie Frederik Lasut ditembak mati oleh pilisi Militer Belanda di daerah Pakem, Yogyakarta. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 021/TK/1969, Arie Frederik Lasut diangkat sebagai Pahlawan kemerdekaan Nasional.

Semoga Biografi Arie Frederik Lasut INI bermanfaat untuk anda, Terima Kasih.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus