Jumat, 18 November 2011

Biografi Sutan Syahrir

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:





Ayahanda Sutan Syahrir adalah muhammad Rasad yang juga bergelar maharaja sutan. Selain sebagai jaksa penuntut umum ternama, ayahnya adalah penasehat sutan Deli. Semasa Masih menjadi pelajar AMS Di Bandung, syahrir selaku mengikuti berbagai kegiatan seni maupun politik, di antaranya menjadi anggota teater batovis.


Pada tahun 1931, sekembalinya dari sekolah hukum di amsterdam, sutan syahrir memulai karir politiknya. Satu tahun kemudian syahrir terpilih sebagai ketua umum partai pendidikan nasional indonesia baru (PNI Baru). Namun oada tahun 1934, oleh pemerintah hindia belanda, dia ditangkap dan diasingkan, antara lain ke Boven Digul (1935); banda neira (1936-1942), dan sukabumi (1 Februari 1942).

Setelah proklamasi kemerdekaan, syahrir pernah diangkat sebagai ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Syahrir juga pernah tiga kali memmpin Kabinet Parlementer. Pada 14 November 1945, syahrir diangkat sebagai perdana menteri termuda didunia saat itu.

Perjanjian Linggar jati adalah puncak kebehasilan Syahrir dalam Diplomasi. Meskipun isi perjanjian tersebut banyak yang menentang sehingga kabinet Syahrir jatuh, perjanjian tersebut banyak mengundang simpati dan dukungan internasional. Pada tanggal 16 januari 1962, Syahrir bersama-sama dengan tokoh PSI dan Masyumi ditangkap oleh pemerintahan orde lama dengan tujuan palsu akan melakukan kudeta dan percobaan pembunuhan terhadap Presiden RI.

Sutan Syahrir meninggal saat berobat di swiss. Namun, saat pemakaman, dia dihormati bagai raja. Pemerintah menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang sebagai peghormatan atas jasa dan pengorbananya. Berdasarkan SK Presiden RI No.76/1966, Sutan Syahrir diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Tag : Biografi Sutan Syahrir
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. makasih ya broww postingan blog ini sangat bagus sehingga mudah di pahami oleh pembaca,.

    BalasHapus