Jumat, 18 November 2011

Biografi R.E. Martadinata

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



Biografi R.E. Martadinata

Laksamana Laut R. Edy Martadinata lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Maret 1921 dan meninggal karena kecelakaan helicopter di Riung Gunung, Jawa Barat tanggal 6 Oktober 1966. Beliau meninggal pada usia 45 tahun dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta. R.E. Martadinata adalah lulusan Sekolah Pelayaran (Zeevaart School) di Surabaya. Pada zaman pendudukan Jepang ia bekerja sebagai penerjemah di sekolah tinggi pelayaran Semarang.

Saat PPKI membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian disahkan Presiden Soekarno pada 23 Agustus 1945, ia juga turut membentuk BKR Laut Jawa Barat dibawah pimpinan Arudji Kartawinata yang kemudian berkembang menjadi ALRI. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Operasi pada Mabes ALRI di Yogyakarta. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Maritim Surabaya. Setelah itu ia memegan jabatan sebagai KSAL menggantikan Laksamana Subiyakto akibat pergolakan di ALRI yang terjadi pra dan pasca Peristiwa G30S PKI.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

    BalasHapus