Jumat, 18 November 2011

Biografi Mohammad Husni Thamrin

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



Mohammad Husni Thamrin adalah salah satu tokoh populer di kalangan mayarakat Betawi. Ia pahlawan nasional yang berasal dari Jakarta. M Husni Thamrin lahir di Jakarta 16 Februari 1894. Ibunya ketrunan Betawi Asli dan ayahnya adalah seorang Belanda. M Husni Thamrin di kenal sebagai salah satu tokoh Betawi yang menjadi anggota Dewan Rakyat Hindia (Volksraad) pertama kali. Ia Mewakili kelompok inlanders. Selanjutnya ia bergabung dalam Parindra dan kembali menjadi anggota Volkraad pada tahun 1935.

Sebagai seorang politikus ia sering menghadapi intrik politik dalam membela kepentingan masyarakat hingga berakibat pada kematiannya. Sebelum meninggal beliau di tahan oleh pemerintah Hindia Belanda tanpa sebab yang jelas. Menurut penjelasan pihak petugas penjara, M Husni Thamrin dinyatakan bunuh diri,  namun ia diduga sengaja dibunuh karena sepak terjangnya yang membahayakan pemerintah Hindia Belanda. Di saat pemakamannya, lebih dari 10000 pelayat mengantarnya yang kemudian berdemonstrasi menuntuk penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan dari Belanda. Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Jakarta dan proyek perbaikan kampung besar-besaran di Jakarta pada tahun 1970-an.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

    BalasHapus