Jumat, 18 November 2011

Biografi Kapitan Pattimura

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



Kapitan Pattimura bernama asli Thomas Mattulessi, seorang pahlawan nasional asal Maluku yang gigih mengadakan perlawanan terhadap penjajah Belanda hingga akhir hayatnya. Lahir di Saparua Maluku 8 Juni 1783 dan wafat di Ambon 16 Desember 1817, dimakamkan di Ambon.

Patimurra berlatar belakang pendidikan militer saat Inggris menguasai Maluku dan memperoleh pangkat sersan mayor. Namun akibat terikat dengan Konvensi London, Belanda kembali lagi menjajah tanah Maluku. Konvensi London (13 Agustus 1814) berisi kesepakatan bahwa Pemerintah Inggris akan menyerahkan wilayah Nusantara kepada Belanda termasuk Maluku.

Pada tanggal 14 Mei 1817 seluruh rakyat Saparua mengangkat Thomas Matullesi sebagai Kapitan Patimurra untuk mengadakan perlawanan terhadap pendudukan Belanda sehingga pecahlah pertempuran sengit antara rakyat Saparua dengan Belanda. Rakyat Saparua berhasil merebut Benteng Duurstede dan membunuh Residen Van den Berg. Dalam Perjuangannya, Patimurra dibantu Paulus Tiahahu dari Nusa Laut, Anthony Reebook wakilnya dari Saparua dan Kapitan Philip Latumahina.

Akibat penghinatan raja Booi dan politik divide et impera, akhirnya tanggal 11 November 1817 Patimurra berhasil ditangkap Belanda. Melalui pertempuran sengit benteng Durstede berhasil dikuasai belanda lagi. Patimurra, Anthony Reebook, Philip Latumahina dan dijatuhi hukuman mati dengan cara biadap yaitu digantung di depan benteng new Victoria Ambon. Sementara Paulus Tiahahu ditembak mati di depan rakyatnya di Nusa Laut. Untuk menghormati jasa dan perjuangan Patimurra, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 087/TK/1973, Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Kapiten Patimurra . 
Referensi: Kawan Pustaka
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

    BalasHapus