Jumat, 22 April 2011

Cara Membuat blog

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

1. Apa itu blog?
Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.
Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek “ramah” di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.
2. Bagaimana cara membuat blog?
Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com danhttp://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.
3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.

Blogger Baru
Sejak Januari 2007 proses pembuatan/ registrasi / sign-up blog di blogger.com lebih dipermudah, sbb:
1. Apabila Anda punya email di gmail.com, maka Anda bisa langsung log-in atau sign-in diblogger.com –> new blogger –> masukkan id/usernama plus password gmail Anda. Dan ikuti proses selanjutnya.
2. Apabila Anda belum punya email di gmail.com, silahkan buat (register/ sign-up) dulu dihttp://gmail.com –> sign-up. Setelah jadi email gmailnya, kunjungi http://blogger.com –> new blogger –> masukkan id / gmail Anda plus password dan ikuti proses pembuatan blog selanjutnya.

Cara Mempromosikan Blog

Membuat blog saja bukanlan akhir dari pekerjaan anda. Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah empromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai. Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, bukan?
Ikuti langkah-langkah promosi blog sebagai berikut:

(1) Daftarkan di blog directory
Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu (a) http://technorati.com (b)http://feeburner.com (c) http://blogdigger.com. Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directory tsb ketika mendaftar.
Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaituhttp://google.comhttp://msn.comhttp://yahoo.com.
(2) Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link
Ajak teman anda yg memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tsb. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dg istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yg biasa.
Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dg saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yg memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga “berkewajiban” menambah link blog dia di blog Anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai “blogger pelit”. Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu teralienasi. Dg kata lain, sedikit “tamu”nya. :)
Nah, bagaimana cara mengetahui ada yg mengelink blog Anda? Caranya mudah: tulis di kotak http://technorati.com/search alamat blog Anda atau blog siapa saja yg ingin Anda ketahui. Setelah itu tekan search, anda akan tahu siapa saja yg ngelink ke blog tsb.
(3) Berkunjung ke blog lain
Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog2 lain, dan berkomentar di bukutamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan “bertamu balik” ke “rumah” atau blog Anda.
(4) Aktivitas posting
Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yg teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga.
(5) Alamat blog di signature email
Tulis alamat blog Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan “menggoda” orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog Anda.

Setelah membuat blog dan memposting tulisan, curhat, puisi dan cerpen serta diari Anda, cobalah tiga hari kemudian cek blog Anda di http://technorati.com/search, pakai kata kunci nama Anda atau link Anda seperti http://bayumukti.blogspot.com (pemakaian http://.. ini perlu untuk membentuk link). Apabila masih belum muncul di technorati.com, berarti ada setting-an blog Anda yg perlu diperbaiki. Ikuti petunjuk sbb:
(1) Log-in ke http://blogger.com dan masukkan id dan password seperti biasa;
(2) Klik judul blog Anda;
(3) Klik “setting”, trus klik “publishing”
(4) Di bagian paling bawah ada menu “notify weblogs.com” pilih “yes”.
(5) Klik “Save Settings” dan “republish”. Selesai.
Jangan lupa, menu “comments” dibikin publik supaya orang mudah memberi komentar. Caranya:
(1) Klik “Setting”, trus klik “comments”. Di “settings comments” ini ada berbagai pilihan, pilih sbb:
(a) Comments –> pilih “show”;
(b) Who can comment? –> pilih “anyone”;
(c) Comments default for comments –> pilih “New Posts have comments”
(d) Backlinks –> show
(e) Show comment in pop up window? –> pilih “yes”
(f) Show Word verification for comments? –> pilih “yes”
(g) Enable comment moderation? –> pilih “no”
(h) Show profile images on comments? –>pilih “yes”
(i) comment notification address –> isi dg email anda.
Terakhir, klik “Save Settings” dan “Republish”. Selesai.
Setelah melakukan semuanya, ikuti perkembangan peringkat blog anda…
Selamat mencoba.


Mendaftar Google Sitemap (8)

Seri Promosi Blog: Google Sitemap

Seperti yg pernah diterangkan sebelumnya di sini dan di sini, untuk membuat blog dan tulisan kita banyak dibaca dan dikunjungi orang adalah karena dua kemungkinan (a) karena inter-link antar blog, dan (b) karena orang datang melalui mesin pencari (search engine) terutama Google. Bagaimana supaya semua entry di blog kita ditangkap google? Gunakan Google Sitemaps.

Seperti yg pernah dijelaskan sebelumnya, untuk promosi blog supaya lebih luas dikenal setidaknya anda harus mensubmit ke dua direktori blog terkenal: technorati.com dan feedburner.com.

Konon, blog itu berjenis kelamin perempuan. Dan, karena itu, perlu dihiasi dg aksesoris supaya selalu tampak cantik dan dapat menarik hati kaum blogger (yg ini berjenis laki-laki).

Pada tulisan-tulisan lalu, sudah dijelaskan sejumlah tips untuk membuat blog kita menjadi google friendly, mudah ditangkap mesin pencari (search engine) google dan saudara-saudaranya. Tips berikut ini sebagian akan mengulang tulisan lalu secara lebih detail plus sejumlah tambahan bagaimana untuk memaksimalkan cara kerja blog kita. Saya urut dari awal.

Pasang Foto di Profile Blogger/Blogspot (4) 
Banyak blogger yg nanya tentang bagaimana cara memasukkan fotonya yg ganteng dan cantik di profile blognya. Berbeda dg di blog gratis lain, di blogger/blogspot, prosesnya agak sedikit rumit bagi yg masih baru di dunia internet.

Setelah membuat blog dan memposting tulisan, curhat, puisi dan cerpen serta diari Anda, cobalah tiga hari kemudian cek blog Anda di http://technorati.com/search,

Setelah selesai membuat blog, hal yg tak kalah pentingnya adalah empromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai. Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, bukan?

PEMBUATAN BLOG BARU

Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula.
Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.
Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.

  • LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)

Silahkan anda kunjungi website www.blogger.com
  • LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)

Setelah page terbuka, silahkan anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu ingat username dan password yang anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3

  • LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)

Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4

  • LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMLATE)

Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5

  • LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)

Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Beeb Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.
Sekarang Isikan Judul artikel kamu pada kolom tile, dan tulis isi dari artikelmu di bawahnya!

SELAMAT!! sekarang anda sudah mempunyai blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun :)


APA ITU META TAG ?
What are meta tags? Meta tags are HTML codes that are inserted into the header on a web page, after the title tag. They take a variety of forms and serve a variety of purposes, but in the context of search engine optimization when people refer to meta tags, they are usually referring to the meta description tag and the meta keywords tag. 

Memfilter Iklan Google Adsense Yang Muncul di Web
To create and manage a filter list of websites whose ads you'd like to restrict from showing on your site or AdSense for search results pages, simply log in to your account at https://www.google.com/adsense and click the Competitive Ad Filter link below the AdSense Setup tab. You can create separate filter lists for your content pages and for your AdSense for search results pages. Ads for the websites that you add to your competitive ad filter list typically will not run on your pages, but remember that filtering sites may decrease the number of ads that can appear on your pages as well as decrease your potential earnings.






Cara Cepat Mempopulerkan Blog

Strategi apakah yang sebenarnya harus dilakukan agar bisa membuat blog kita populer di masyrakat luas, dan search engine friendly buaangett ? Mari kita bahas bersama-sama, jika memang ada yang salah mengenai tips dan trik mempopulerkan blog kita ke masyarakat luas dan Search Engine mohon saya dikasih pencerahan yang benar :) . Soalnya saya selalu berdasarkan pengalaman dan tidak pernah tahu bagaimana aturan baku-nya tentang SEO. Ya udah ga mau berlama-lama karena emang sebentar lagi ada Pesta Sepak Bola Eropa yaitu “Euro 2008″ . Langsung saja deh kalo gitu mari kita bahas bareng masalah bagaimana mensosialisasikan blog pada masyarakat sekaligus Search Engine.
  • Coba Ikutan ke situs yang merupakan kumpulan blog-blog (Blog Listing) dan biasanya disana nanti blog kita di ranking. Dengan ikutan ini kita dapat backlink gratis dan yang pasti anggota di situs tersebut juga tahu blog kita. Contoh situs-situs yang merupakan kumpulan Blog adalah KampungBlog (aprovenya kok sekarang sulit bangetr), Blogtoplist (bagus banget nih tiap update Blog kita rss kita diambil dan diupdate juga), Blog Indonesia (sama kayak Blogtoplist), Blogaja dan lain-lain yang sejenis.
  • BlogWalking alias jalan-jalan ke Blog-blog tetangga dengan meninggalkan komentar.
  • Belajar SEO dan sesekali coba untuk menembak keyword rame. Jika anda cuman baca-baca tips seo tapi ga pernah mempraktekan gimana anda tahu ilmu seo anda :P .
  • Ikutan Nimbrung di Forum sambil pasang Signature. Komunitas atau forum bahkan bisa mengalahkan SEO :D .
  • Buat Blog yang buanyaak dan saling Nge-link :D (kalo bisa topik sejenis). Jangan kita sampai minta tukeran link ke Blog lain sambil maksa-maksa kalo ga dikasih marah :D .
  • Jika ikutan Mybloglog Pasang Foto cewek cantik deh pasti anda dikira blogger wati dan para pe-blogger cowok penasaran dengan blog anda :P .
  • Main Ping Pong dengan pe-Blogger lain di artikel anda. Maksudnya disini adalah memberikan Oneway Backlink ke Pemain Blog lain.
  • Coba bahas blogger Populer, sapa tahu blogger populer tadi mau bahas anda di blognya :D (banyak doa saja kalo untuk tips ini) .
  • Pasang Iklan Gratis maupun berbayar.
  • Menjalin pertemanan antar Pe-Blogger di Chatting alias Yahoo Messenger.
  • Jangan Putuskan Tali Persauadaraan sesama Blogger jika tidak terpaksa :P .
  • Cara menulis artikel anda tolong diperhatikan, entah bahasanya ( bahasa lebih baik yang umum digunakan, jangan bahasa daerah anda :P ) , tanda baca, paragraf dan lain-lain. Kalo untuk isinya sudah pernah saya bahas disini
  • Topik Blog anda sebaiknya enak dibaca semua kalangan anak-anak, muda-mudi, bapak-bapak, ibu-ibu maupun kakek-kakek dan nenek-nenek :D
  • Hargai bagaimana pun artikel anda itu. Memang bagi pemula tidak mudah membuat artikel yang bagus dan berkualitas bahkan yang sudah bangkotan membuat artikel yang berkualitas itu saya kira akan sulit. Soalnya pandangan setiap orang tentang artikel berkualitas itu beda-beda. Jadi apapun artikel anda hargai itu dan jangan malu untuk terus update walaupun ada yang mencela anda (yang mencela minoritas kalo mayoritas berarti anda perlu instropeksi diri).
  • Bertindaklah seperti seorang Marketing Perusahaan yang promosi untuk perusahaan anda. Jadi anda adalah sales blog anda. Apa yang anda lakukan berpengaruh besar pada kesuksesan blog anda.

Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Thank you hopefully many who visit this blog, content of blogs in the development of this highly innovative and very worthy to be published so that many who read it.

    BalasHapus