Selasa, 19 April 2011

ALSO, TOO, EITHER, HAVE TO AND MUST, HAVE AND LET

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:


A. Also = juga
Also digunakan untuk kalimat berita/positif dan kalimat tanya. Also ditempatkan umumnya di depan kata kerjanya.
a) Kalimat berita
Ali also goes today. Ali juga pergi hari ini
I also go to school every morning. Saya juga pergi ke sekolah setiap pagi
b) Kalimat tanya
Do you also go today? apakah anda juga pergi hari ini?
Does she also go to school everyday? apakah ia juga pergi ke sekolah setiap hari?

B. Too = juga
Too digunakan dalam kalimat berita, kalimat tanya dan digunakan untuk mengatasi pengulangan kalimat. Too ditempatkan diakhir kalimat.
a) Kalimat berita
He is still a bachelor, too. Ia juga masih seorang perjaka
He likes me, too. Ia juga senang padaku
b) Kalimat tanya
Is he a student, too? apakah ia juga seorang murid?
Does he like me, too? apakah ia juga senang padaku?
c) Untuk mengatasi pengulangan kalimat
You like me and he does, too. Anda senang padaku dan ia juga
You are a student and he is, too. Anda seorang murid dan ia juga
Catatan :
Apabila too diletakkan di depan kata sifat maka artinya terlalu. Di sini too hampir sama dengan very (sangat), tetapi berbeda dalam penerapannya. Kalau too diletakkan di depan kata sifat, bila dibelakang kata sifat tersebut terdapat kata kerja, maka kata kerjanya harus berbentuk infinitive with to. Sedangkan very diletakkan di depan kata sifat tetapi tanpa diikuti kata kerja.
This problem is too difficult to resolve. Soal ini terlalu sukar untuk dipecahkan
This problem is very difficult. Soal ini sangat sukar
C. Either = juga
Either digunakan dalam kalimat negatif, kalimat tanya menyangkal dan mengatasi pengulangan kalimat negatif.
a) Kalimat negatif
I don’t like either. Saya juga tidak senang
He doesn’t work either. Ia juga tidak bekerja
b) Kalimat tanya menyangkal
Don’t you know either? anda juga tidak tahukah?
c) Mengatasi pengulangan kalimat negatif
You don’t like me and he doesn’t either. Anda tidak suka padaku dan ia juga

HAVE TO AND MUST, HAVE AND LET
A.   Have to and Must
 Have to menyatakan keharusan yang terjadi karena keadaan, peraturan , dan seseorang mengharuskan Anda (di luar kemauan anda sendiri).
I have to take my daughter to the doctor because she is ill. Saya harus membawa anak saya ke
dokter karena ia sakit
Kalimat diatas menyatakan bahwa saya harus membawa anak saya ke dokter karena keadaannya sedang sakit.
Must menyatakan keharusan yang ditentukan oleh diri anda sendiri/kemauan sendiri.
I must go to Jakarta. Saya harus pergi ke Jakarta (Perginya saya ke Jakarta atas kemauan sendiri).

B. Have and Let
Kedua kata tersebut berfungsi untuk membentuk kalimat perintah/menyuruh. Tetapi penggunaan kata kerjanya berbeda, have diikuti oleh kata kerja ketiga (past participle), sedangkan let diikuti oleh kata kerja pertama tanpa to (infinitive without to)
bentuk :
Subject + has/have + object + past participle
Subject + let + infinitive without to + object
Contoh:
He has his car cleaned. Ia menyuruh mobilnya dibersihkan
I have had my house painted. Saya telah menyuruh rumah saya dicat
I have my car repaired in workshop. Saya menyuruh mobil saya diperbaiki di bengkel
I let Amir repair his bycycle. Saya menyuruh Amir memperbaiki sepedanya
We let Ali paint the house. Kita menyuruh memgecat rumah itu
Selain have dan let, kata ask to juga membentuk kalimat menyuruh :
Please ask John to help me. Suruhlah John membantu saya
I’ve already asked John to help you. Saya sudah menyuruh John membantu Anda

Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

3 komentar:

  1. Thank you hopefully many who visit this blog, content of blogs in the development of this highly innovative and very worthy to be published so that many who read it.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk info dan pelajaran yang berguna ini.

    BalasHapus
  3. materinya bagus, ada pembahasan penggunaan kata yg lainnya gk ya?

    BalasHapus