Selasa, 23 Agustus 2011

Cara Mudah Melatih Bahasa Inggris

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:



eave a comment »

Kenapa Harus Melatih Bahasa Inggris?

Melatih Bahasa Inggris Agar Terbiasa

Melatih bahasa Inggris diperlukan, sebab bahasa itu adalah keterampilan, bukan hanya pengetahuan. Itulah sebabnya, banyak orang yang sudah bertahun-tahun belajar bahasa Inggris di sekolah, mereka tetap tidak bisa menggunakan bahasa Inggris, sebab mereka tidak melatih bahasa Inggris mereka. Sehingga mereka tidak memiliki skill atau keterampilan.
Lihatlah anak kecil di UK atau USA, mereka belum belajar grammar, tetapi mereka bisa berbicara bahasa Inggris. Mengapa? Karena mereka melatih bahasa Inggris setiap hari, mulai melatih mendengarkan karena percakapan di sekitarnya dalam bahasa Inggris, jika melatih mengucapkannya. Anak-anak itu mendengarkan bahasa Inggris kemudian mereka berusaha untuk mengucapkannya dan menuliskannya saat sudah besar. Mereka melatih bahasa Inggris secara terus menerus.

Melatih Bahasa Inggris dengan Diary

Pernahkah anda membayangkan efektifitas dahsyat yang ditimbulkan dari kebiasaan membaca dan menulis? Dua kebiasaan tersebut bisa membuat orang biasa menjadi luar biasa. Orang yang mampu merubah dunia dimulai dari kebiasaan menulis karena dengan hal itu otak terasah untuk berfikir dan menemukan inovasi terbaru untuk menghadapi tantangan. Namun dalam artikel ini, bukanlah itu yang akan kita bahas melainkan manfaat apa di bidang linguistik yang bisa kita peroleh dari kebiasaan ini.
Tentunya kita faham bahwa bahasa Inggris merupakan bagian dari kompetensi linguistic yang akan selalu terasah apabila kita terus mempergunakannya. Jika kita sering melatih diri kita di suatu bidang, maka kita akan menjadi hebat di bidang tersebut. Dalam kasus ini, kemampuan bahasa inggris yang kita harapkan bisa diperoleh dengan kebiasaan menulis diary. Menulis diary dalam bahasa Inggris adalah salah satu cara untuk melatih bahasa Inggris.
Bagi sebagian orang yang tidak suka menulis, ini mungkin suatu aktifitas yang membosankan namun itu akan menjadi berbeda bagi orang yang memiliki hobi menulis. Kebiasaan ini akan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Oya, pernahkah menulis diary dengan menggunakan bahasa asing? Jika belum, cobalah mulai sekarang. Tak ada salahnya untuk mencoba sebab tak ada kerugian yang ditimbulkan dari kebiasaan ini. Buatlah menulis diary dengan bahasa inggris menjadi suatu kebiasaan. Bisa dilakukan sebelum tidur atau setiap pagi sebelum memulai aktifitas baru.
Tentu saja menulis buku diari akan sangat berbeda dengan menulis artikel yang membutuhkan pemikiran yang mendalam. Menulis diary hanya membutuhkan kebebasan berekspresi anda untuk menceritakan hal yang menarik untuk diceritakan dalam hidup anda. Cara ini sangat mengasyikkan dan membuat kita tertawa geli jika ada suatu cerita lucu yang menarik untuk diceritakan. Dengan menulis diary, kita mamu melakukan sebuah evaluasi atas setiap aktifitas yang telah kita kerjakan dan member jalan keluar terhadap apa yang semestinya dilakukan.
Tak harus sempurna dalam membuat catatan harian sebab yang anda butuhkan hanyalah gaya alami anda dalam menulis apa yang sedang anda pikirkan. Menulis diary dengan bahasa Inggris akan membuat otak Anda terbiasa berfikir bahasa asing tersebut dan dengan mudah menganalisa dan berbicara dengan bahasa inggris. Bukankah ini cara termudah dan terhemat dalam melatih bahasa Inggris?
Untuk memulai kebiasaan ini memang agak sulit sebab bagi seorang pemula yang memiliki vocabulary yang masih sedikit, ini merupakan sebuah tantangan. Kita harus berfikir serius agar menemukan kata yang tepat untuk mengekspresikan sesuatu yang ada di otak kita. Kebutuhan ini mengharuskan kita menggunakan kamus. Dengan rajin membuka kamus, kemampuan bahasa inggris kita akan semakin terasah dan akhirnya cepat atau lambat kita akan dengan mudah menguasai bahasa asing ini. Seperti kata pepatah “practice makes perfect”, jika kita rajin berlatih maka kita akan berhasil.

Cara Melatih Pendengaran dan Pengucapan

Menulis diary dengan bahasa Inggris adalah untuk melatih kemampuan Anda dalam menulis dan mengekspresikan ide atau gagasan dalam bahasa Inggris. Tentu saja, bahasa Inggris bukan saja tulisan dan bacaan, juga mengucapkan dan mendengarkan. Artinya, selain melatih tulisan, Anda tetap harus melatih bahasa Inggris Anda dalam hal mendengarkan dan mengucapkan.
Anda hanya akan tahu cara pengucapan yang benar, jika Anda sudah mendengarkannya terlebih dahulu. Artinya harus ada contoh, supaya pengucapan kita benar. Untuk itulah cara tepat untuk melatih pengucapan dan pendengaran bisa dilakukan dengan dua metode ini:
  1. Anda mengikuti kursus bahasa Inggris, sebab intruktur Anda akan memberikan contoh untuk Anda tiru dan memandunya. Hanya saja, untuk kursus memerlukan biaya tidak sedikit dan menghabiskan waktu. Anda bisa mencoba alternatif kedua, yaitu:
  2. Belajar dengan multimedia. Anda bisa memberli media untuk belajar bahasa Inggris yang berupa video atau audio. Untuk video harganya sekitar Rp 250.000 sampai jutaan. Atau, Anda bisa menggunakan kursus online kami yang berupa audio dan ebook dengan biaya relatif murah, plus dengan sertifikat dari lembaga resmi jika Anda perlu.
Jadi, untuk melatih bahasa Inggris dalam hal pendengaran dan pengucapan, Anda perlu mengikuti kursus atau menggunakan multimedia.
Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

2 komentar:

  1. Sedikit menambah ni,, kalau saya sendiri sering melatih kemampuan bahasa Inggris dengan menonton Film-film Barat,,

    BalasHapus