Rabu, 24 Agustus 2011

Microsoft Excel yang Wajib Dikuasai Seorang Guru

Jika anda memiliki akun twitter dan anda sedang membukanya, So Please klik link:


Jika anda sedang membuka akun fb dan ingin mengirim alamat posting ini kedinding anda, silahkan klik jempol dibawah:


Bekerja dengan komputer tentu bukan hanya untuk pekerja kantoran saja. Para guru juga dituntut untuk melek teknologi. Pengolahan nilai untuk evaluasi dengan menggunakan komputer adalah hal yang sangat membantu. Salah satu program pengolah nilai yang mudah dan familiar adalah microsoft excel.


Nah apa sajakah yang harus mereka kuasai dari microsoft excel ini? Tidak semua rumus harus mereka kuasai. Inilah tips microsoft excel yang harus dikuasai seorang guru :

1. Menjumlah nilai


Rumus yang digunakan adalah SUM. Standar penggunaan rumus =SUM(angka1;angka2;….dst). Perhatikan gambar diatas, untuk Menjumlah nilai dari tabel nilai tersebut adalah menggunakan rumus ini =SUM(D2:D6)

2. Mencari rata-rata

Rumus yang digunakan adalah AVERAGE. Standar penggunaan rumus =AVERAGE(angka1;angka2;….dst). Perhatikan gambar diatas, untuk Mencari rata-rata dari tabel nilai tersebut adalah menggunakan rumus ini =AVERAGE(D2:D6)

3. Mencari nilai tertinggi

Rumus yang digunakan adalah MAX. Standar penggunaan rumus =MAX(angka1;angka2;….dst). Perhatikan gambar diatas, untuk Mencari nilai tertinggi dari tabel nilai tersebut adalah menggunakan rumus ini =MAX(D2:D6)

4. Mencari nilai terendah

Rumus yang digunakan adalah MIN. Standar penggunaan rumus =MIN(angka1;angka2;….dst). Perhatikan gambar diatas, untuk Mencari nilai terendah dari tabel nilai tersebut adalah menggunakan rumus ini =MIN(D2:D6)

5. Mencari ranking

Rumus yang digunakan adalah RANK. Standar penggunaan rumus =RANK(angka;data_seluruh_nilai). Perhatikan gambar diatas, untuk Mencari ranking dari tabel nilai tersebut adalah menggunakan rumus ini =RANK(D2;$D$2:$D$6)

Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Tips Microsoft Excel yang Wajib Dikuasai Seorang Guru semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, Sumber: http://nurmanali.blogspot.com/

1 komentar: